Jumat, 13 Januari 2012 4 komentar

Serunya....Magang di Industri Farmasi -Hari ke-8 sampai ke-14-

Tidak seperti minggu pertama, di minggu kedua ini saya hampir saja telat setiap harinya, kadang 5 menit bahkan pernah 3 menit sebelum bel, parah euy :D.  Hal ini  salah satunya disebabkan macetnya kota Bandung karena minggu ini adalah hari pertama masuk bagi anak-anak sekolah.. Biasannya perjalanan dari ITB sampai tempat magang dapat di tempuh 40 menit dengan angkot, namun sekarang bisa sampai 1 jam 30 menit..  Lumayan lah, kalau sepanjang perjalanan mendengarkan MP3 bisa mentamatkan 20an lagu :)
Di industri tempat saya magang ini, bila bel masuk berbunyi  -Lebih tepatnya seperti suara sirine mobil pemadam kebakaran-  karyawan yang telat berlarian pontang-panting seperti di kejar trantip.. (saya juga sudah pernah merasakannya, haha).
Hebohnya kejadian tersebut berkenaan dengan sistem absensi di Industri ini  yang tergolong unik karena menggunakan kartu absensi elektronik (coba bisa saya foto alatnya, sayang di area pabrik sepertinya tidak boleh mengambil gambar dalam bentuk apapun). Telat satu detik saja, kartu absensi pada hari itu terblok menjadi berwarna merah, begitu juga bila pulang sebelum waktunya (jam 5 sore) maka kartu absensi juga akan terblok. Tanpa pengecualian, sistem tersebut juga berlaku untuk mahasiswa magang termasuk saya -____-'.
(*Tips No. 1: Kalau seandainya bagi teman-teman yang mendapat sistem absen seperti itu, datanglah lebih awal, hahaha.)
Sistem pelaksanaan KP di Industri tempat saya magang sudah cukup terprogram dengan baik.. dimana minggu pertama dilakukan orientasi ke setiap bagian yang ada di pabrik dengan pemberian penjelasan dari masing-masing manager dan ditunjukkan secara detail setiap ruangan (kecuali lab mikrobiologi di bagian QC dan  tempat produksi sediaan steril di bagian produksi hanya bisa dilihat dari kaca jendela). Untuk minggu kedua sampai selesai, saya bebas memilih bagian sesuai dengan minat saya.

-Day 8-
Untuk minggu ini dan seterusnya saya berencana menetap di bagian R&D (Research and Development), karena dari saran kakak tingkat banyak ilmu yang bisa diperoleh di sana.. tapi bukan berarti di bagian lain tidak banyak ilmu yang bisa diambil lo ya.. haha, yang jelas saya kurang tertarik di bagian gudang (PPIC - Production and Planning Inventory Control-) atau bagian teknik :D
Yang menjadi pertimbangan penting lainnya, bagian R&D tempat saya magang ini mempunyai ruangan baru yang luas dan terdapat perpustakaan yang terdiri dari buku-buku wajib farmasi seperti: USP, BP, FI IV, The Pharmaceutical Codex, AHSF, CPOB, Martindale, etc. (pokoknya buku-buku wajib dan familiar di farmasi ada di sini).
Konsekuensinya, karena tugas utama R&D adalah pengembangan formula baik lama (existing product) maupun baru (new product), jadi kerjanya lebih banyak tantangan dan lebih banyak tugas bagi mahasiswa KP.(*Tips No. 2: ada beberapa industri yang sudah menempatkan mahasiswa KP sesuai dengan bagian yang telah ditetapkan oleh pihak industri tapi bila sistemnya kita yang memilih, bagian R&D/QA QC bagus untuk  tempat mencari ilmu sebanyak mungkin :) )
Hari pertama di bagian R&D, saya mendapat tugas untuk menterjemahkan buku panduan alat baru yang dimiliki R&D (vakum desikator dan pompa vakum R300). Tugas pertama selesai, tugas berikutnya yang tak saya duga.."Praktek untuk uji sediaan tablet" dua formula berbeda. Busyett.. hari pertama sudah di suruh ngelab seorang diri, dilepas begitu saja. haha. (*Tips No. 3 baca-baca lagi materi preformulasi dan formulasi sewaktu kuliah atau dari buku-buku :) )
Uji yang saya lakukan meliputi uji keseragaman bobot, uji waktu hancur, uji friabilitas dan friksibilitas, penentuan diameter tablet, dan uji hardness. Untung saja saya bisa menyelesaikannya.. :D

 Sampel yang saya uji, obat tersebut merupakan produk nutriceutical (supplemen berisi ekstrak-ekstrak bahan alam) (*Tips No.4: kita juga harus familiar dengan produk utama dari tempat KP kita, jadi googling saja di official web-nya)

-Day 9-
Meskipun saya memilih di bagian R&D, namun saya juga mendapat kesempatan untuk ikut dalam proses coating (penyalutan) cefixime tablet di bagian produksi. Karena cefixime termasuk turunan sefalosporin, pengerjaannya berada di gedung khusus produksi turunan sefalosporin yang terpisah dari gedung produksi lain. Untuk makan siang-pun, karyawan di bagian produksi turunan sefalosporin ditempatkan terpisah dengan karyawan-karyawan dari bagian lain.. Terisolir, jauh dari peradaban, sepi dari hingar bingar dan hiruk pikuk.. jiahh.. haha. (*Tips No. 5: Baca dengan jelas mengenai CPOB baik di buku pedoman maupun petunjuk operasionalnya. Bagi yang mau menghemat ebook gratisnya juga ada, hehe).

Persis seperti ini mesin coating-nya.. :
Bandingkan dengan yang ada di kampus berikut :D :

-Day 10-
Setelah melakukan uji sediaan obat jadi (tablet), hari ini saya melakukan pengujian bahan baku obat yaitu Co-enzyme. Uji yang harus diselesaikan meliputi: pemerian, kelarutan dalam eter, etanol absolut, dan air, uji kemurnian (titik leleh), titrasi karl fischer, dan uji penetapan kadar dengan HPLC.
namun alat karl fischer dan HPLC sedang digunakan sehingga batal dilakukan..
Sepertinya baik di kampus saya yang sekarang maupun dulu belum ada alat ini.. :D

-Day 11-
Tugas hari ini hanya mengamati adanya serat pada sediaan Difenhidramin HCL Injection sebanyak +/- 45 vial dengan latar belakang hitam dan putih. Sampai jereng mata saya melakukan pengamatan ini.. haha. (setidaknya pada hari kesebelas ini saya melakukan pengujian dengan cara konvensional seperti dikampus dulu, beda seperti hari sebelumnya haha).
Kemudian dilanjutkan tugas menterjemahkan brosur berbahasa inggris. Hadooh.. Lagi-lagi translate..

 
Sebenarnya, di ruang produksi bagian pengemasan terdapat alat (kurang lebih seperti gambar di atas) yang dapat mendeteksi adanya serat/partikel pada sediaan parenteral (bentuk ampul) secara otomatis sehingga nantinya terpisah mana sediaan yang mengandung partikel dan tidak, karena alat ini baru sehingga pemeriksaan dilakukan dua kali yaitu dengan mesin tersebut kemudian dilanjutkan dengan cara manual seperti yang saya lakukan di atas).

-The other side of this topic-
Di tempat magang saya, untuk jam makan siang di bagi menjadi 3 bagian. Jam 11.30-12.00 (untuk bagian teknik, satpam, etc.), jam 12.00-12.30 (untuk bagian produksi, gudang/PPIC, QC etc.), jam 12.30-13.00 (R&D, QA, HRD para petinggi dan owner perusahaan). Karena semua meja penuh, saya dan 2 orang teman saya duduk satu meja dengan 3 bapak chinese dan 1 ibu chinese (dilihat dari wajah beliau-beliau sepertinya para petinggi di perusahaan ini).
Pak Chinese 1: "Eh mereka karyawan baru y?" tanya kepada ibu chinese (sambil melirik kepada saya dan teman saya)
(saya pura-pura tidak mendengar)
Ibu Chinese : (menggelengkan kepala)
Pak Chinese 2 : "belum tahu mereka kalau meja ini meja eksekutif, apa perlu diberitahu pak, hahaha.."

*Dalam hati: "-___-', eleh.. eleh.. harusnya dikasih tulisan VIP ONLY atuh bapa di mejanya.., lagian teh meja lainnya udah pinuh jadi wajar nyak kalo abdi duduk ka die.."
(*Tips No.6: Lihat-lihat orang di sekeliling kita ketika berada di kantin, jangan duduk bersama para owner/petinggi perusahaan agar tidak kena sindir haha)

-Day 12-
Jumat Pagi,
Yang saya lakukan hari ini adalah melakukan uji penetapan kadar air menggunakan alat "Moisture Analyzer" dengan sampel suspensi kering amoksisilin.
Ini alatnya, tinggal dimasukkan saja sampel yang kita inginkan dibagian tengah dengan mengubah suhu dan lama waktu yang kita inginkan, data yang diperoleh terprint secara otomatis..
(*Tips No. 7: Banyak-banyak lah bertanya tentang alat-alat baru yang belum kita jumpai sebelumnya terutama cara penggunaannya)

Oh ya.. karena amoksisilin termasuk turunan penisilin maka sampel sisa pengujian tidak dibuang ke dalam kran air/bak sampah melainkan ke dalam wadah limbah turunan penisilin yang telah disediakan. Wadah limbah di bagian R&D seingat saya dibagi menjadi 4: limbah organik, limbah anorganik, dan limbah beta laktam-sefalosporin, dan limbah sirup/suspensi) dimana nantinya limbah-limbah tersebut akan diolah oleh bagian teknik agar menjadi limbah yang ramah lingkungan. Hal itu diperhatikan karena selain tempat saya KP ini memenuhi persyaratan CPOB dan ISO 9001, industri ini juga telah memiliki sertifikat ISO 14001 (berhubungan dengan lingkungan termasuk  penanganan limbah dan bahan beracun berbahaya/B3).
 Karena masih ada waktu tersisa, saya tidak lantas bisa bersantai ria, saya mendapat tugas baru.. translate lagi dan lagi.. @__@ (sebenarnya saya mau dicetak jadi apoteker, atau translator y.. haha).

Demikian pengalaman saya untuk minggu ini, ada duka tapi banyak suka yang saya rasakan, Jiahh.. Haha.

To Be Continue..

Baca Selanjutnya : Perjuangan Mencari Beasiswa Belum Berakhir.. (Part 2 - The Last Chapter - )

4 Response to Serunya....Magang di Industri Farmasi -Hari ke-8 sampai ke-14-

Anonim
19 Januari 2012 pukul 20.43

guee suka blog looee yuuss... berguna bangeet buat gue entaar... gue kudu banyak belajar dari loe yus.. ajarin yaak...-->by: yasinta

Anonim
20 Januari 2012 pukul 06.12

eh eh eh beneran diculke rus, nah lek aku plonga plongwe kepiye

20 Januari 2012 pukul 21.12

Yasinta: haha.. makasih2. Kita teh sama2 belajar, sama2 memberi dan menerima *Jiahh.. :D

Mr/Mrs. Anonim: Iya.. pembimbing ku malah sibuk dengan BB barunya hehe

Anonim
2 Maret 2012 pukul 05.43

semangat ya kak :)

Posting Komentar

Thank's for your comment :)