Jumat, 28 September 2012 0 komentar

Job Seeker (Part II)

Kali ini saya akan bercerita tentang petualangan saya menjadi job seeker bagian kedua. Berbeda dengan postingan sebelumnya dengan tema yang sama (baca: Profesi Baru : Job Seeker) dimana tes kerja diadakan di kampus farmasi ITB. untuk 2 seleksi kerja berikutnya, saya harus mendatangi tempat dimana industri tersebut berada. Industri pertama berada di Padalarang (sebut saja industri A) dan industri kedua berada di Cikarang, Bekasi (sebut saja industri B).
Sengaja pada judul saya tidak tambahkan kata "Profesi baru" seperti pada postingan sebelumnya karena saya tidak ingin prediket "jobseeker" melekat terlalu lama pada diri saya, hehe.

*****
Well, senang juga saya bisa di panggil untuk seleksi di industri-industri yang sudah mempunyai nama besar tersebut. Namun malesnya, saya harus mendatangi tempat industri untuk mengikuti seleksi.
Tes pertama pada hari senin oleh industri A. Karena tidak begitu jauh dari kota Bandung, jadinya saya meminjam motor teman saya untuk kesana. Saya datang pukul 8.10, 10 menit lebih telat dari jadwal yang telah ditentukan karena sebelumnya saya harus tersesat kesana-kesini terlebih dahulu. Perjalanan yang seharusnya ditempuh 45 menit, jadi saya tempuh 1.5 jam karena ini pertama kalinya saya menjelajahi daerah padalarang (yang saya kenal baik cuma daerah ciwalk-dago-itb-st. hall hehe).
Pukul 8.30 semua pelamar (kebetulan hanya saya saja yang apoteker *calon* hehe, yang lainnya adik-adik SMK, berasa paling muda pokoknya hehe) menuju ruang tes untuk mengisi biodata sebanyak sekitar 5 lembar dan dilanjutkan dengan psikotes. Psikotesnya terdiri dari 8 macam:
1. Tes hitungan dasar cepat
2. Tes kesimpulan dari kalimat 1 dan 2
3. Tes antonim dan sinonim
4. Tes pengetahuan umum (misal: 4 huruf diawali dengan huruf U dan berarti khas, lain dari pada yang lain --> jawabannya UNIK)
5. Tes similaritas kata/kalimat
6. LUPA :D
7. Tes soal cerita matematika
8. Tes deret hitung
9. Tes Kraepelin versi seukuran HVS
Dari seleksi tersebut, ada 1 orang yang gugur dan yang lain melanjutkan ke tahap interview. Seleksi langsung dilakukan oleh 4 orang langsung dan semuanya adalah manajer. *hadohh..padahal belum belajar -_-*
Interview berlangsung sekitar 1 jam, berikut beberapa pertanyaan utama selama interview (kebanyakan menanyakan tentang materi S1 sesuai dengan minat kita).
- Alasan anda masuk sini?
- Arti kata "sukses" menurut anda?
- Sebutkan alasan kenapa kami harus memilih anda?
- Minat anda dimana?
- Lebih suka mana bekerja dengan benda mati atau benda hidup?
- 3 hal yang menggambarkan tentang diri anda?
- Introduction dalam bahasa inggris!
- Bila ada dua industri yang secara bersamaan menerima anda, apa yang akan anda lakukan?
- Mau kerja disini berapa lama?
- bla bla bla
Berbeda dengan interview kerja yang saya ikuti sebelumnya, di interview ini tekanan mentalnya cukup tinggi (sama seperti ketika menghadapi ujian apoteker tahap 2 kemarin - Sidang-), terkadang kita disemprot.
Dari gambaran sekilas, baik si industrinya dan saya sendiri tidak saling menemukan kecocokan. Ok, let's try another chance that's better. Mereka bilang akan dihubungi setelah 3 minggu :)
*****
Seleksi selanjutnya berada di Industri B di Cikarang, karena lama perjalanan -kalau tidak salah- Cikarang-bandung 2 jam bila tidak macet dan tes di mulai pukul 8.00 jadi saya mencari tumpangan menginap selama semalam. Untung saja ada teman dari Unair yang sedang magang di Kalbe yang juga berada di Cikarang (tapi ternyata baru saya tahu industri B dan Kalbe cukup jauh).
Sampai di Cikarang sekitar pukul 7.00 malam, langsung saya ke indutri B untuk tahu pastinya dan dilanjutkan menuju kos teman saya dengan naik ojek sekitar 30rb. Huahh mahal banget, tapi emang jauh sih. Karena teman kos yang akan saya tumpangi sedang belajar bareng di rumah temannya jadi saya putuskan untuk jalan-jalan disekitar kompleks perumahan tersebut, kebetulan juga di dekat kompleks tersebut terdapat mall (akhirnya ke HokBen dan BreadTalk, hehe). Pukul 9.00 malam, saya menuju kos teman saya tersebut dan semalaman mengobrol, tidak ada persiapan belajar. hehe.
Kemudian paginya karena tidak ingin terlambat saya berangkat pukul 6.30. tes dimulai pada pukul 9.00. Nunggu 1 jam sambil ngobrol sama peserta lain yang juga akan ikutan tes. Soal psikotes persis seperti soal psikotes di dexa (baca: Profesi Baru : Job Seeker) (ya iyalah, industri B kan termasuk anak perusahaannya dexa :D).
Jauh-jauh ke Cikarang ternyata cuma untuk psikotes (saya kira sekalin interview dengan HRD dan user-nya). Pengumumannya setelah 2 minggu. Lagi-lagi harus di gantung menunggu kepastian yang tidak pasti dari 4 industri hehe.
Dari industri B saya langsung menuju terminal dengan naik ojek (ojek sepertinya menjadi transportasi utama di Cikarang *sok tahu, haha). Sampai terminal, langsung naik bus primajasa, dan saya mendapatkan spa gratis selama sekitar 3.5 jam -sumpah, mandi keringat saking panasnya-, primajasa yang saya naiki ternyata yang tanpa AC (harga selisih 15rb dengan primajasa ber'AC yang saya naiki sebelumnya).

Baca Selanjutnya : Sumpah Apoteker -3 Oktober 2012-

Baca Sebelumnya :   N.I.K.A.H

No Response to "Job Seeker (Part II)"

Posting Komentar

Thank's for your comment :)